Petr Cech Berambisi Cetak Rekor

 Petr Cech Berambisi Cetak Rekor

Petr Cech Berambisi Cetak Rekor – Tekad dan ambisi dari penjaga gawang Petr Cech untuk mengamankan gawang sepenuhnya kandas sudah. Menghadapi Liverpool pada lanjutan Liga Premier akhir pekan kemarin, membuat dirinya gagal melakukan aksi sapu bersih seperti dua laga sebelumnya.

Walau hanya kebobolan satu gol dari sontekan bek Liverpool Martin Skrtel, walau Eden Hazard dan Samuel Eto’o mampu mengamankan tiga angka penuh di laga jamuannya terhadap lawan beratnya di musim ini.

Setelah sempat mengamakan gawang Chelsea untuk tidak kebobolan dalam dua pertandingan sebelumnya melawan Arsenal dan Swansea, kiper asal Republik Ceko itu gagal di laga ketiga, namun ia berharap bisa melampaui rekor penampilan dari mantan penjaga gawang The Blues, Peter Bonetti, yang telah bermain sebanyak 729 kali. Sementara Cech sudah 456.

Tentu tidak akan mudah untuk menghadapi Liverpool walau tampil dihadapan pendukungnya sendiri, yang kini sudah menjaringkan 44 gol termasuk ke gawang Cech pada musim ini. Tetapi dalam dua laga terakhir aksi menakutkan Luis Suarez yang telah menorehkan 19 gol dari 13 pertandingan sama sekali tidak terlihat.

Cech, yang telah menguasai rekor tidak kebobolan dalam 150 pertandingan pada laga melawan Arsenal Senin kemarin, mengatakan: “Sangat luar biasa bisa mengawal gawang Chelsea dan saya hanya beberapa langkah saja dari Peter Bonetti.

“Tentu saja ini menjadikan sesuatu hal yang istimewa bisa memperoleh kesempatan untuk tampil melawan Liverpool.”

Pertandingan melawan Chelsea itu sekaligus merupakan yang kesembilan kali di bulan Desember, di mana tim asuhan Jose Mourinho mengklaim lima kemenangan, dua kekalahan dan satu kali imbang.

Dari dua pertandingan terakhir – hasil imbang melawan Arsenal dan kemenangan 1-0 atas Swansea – merupakan laga pertama bagi Chelsea untuk tidak kebobolan secara beruntun di kompetisi Liga Premier.

Meski demikian harapan Cech itu tentu tidak berjalan seiring dengan keinginannya, meski Liverpool mampu mencuri satu gol dan tampil impresif di sepanjang pertandingan.

“Mengalahkan Swansea dan Liverpool dari kedua pertandingan itu tentu sangat penting bagi kami untuk mendulang enam angka dan kini kami berada pada posisi yang sangat baik untuk terus bersaing,” tambah Cech.

“Anda harus membutuhkan kerja sama yang baik dari pemain lain untuk bertahan dan tidak membiarkan tim lawan memasukkan bola ke pertahanan kami karena, sebagai salah satu faktor kelelahan dari jadwal yang padat, mungkin menjadi jauh lebih sulit untuk mengembalikan energi yang ada.

 “Ketika anda memimpin dan mempertahankan gawang tidak kebobolan, mungkin hal itu jauh lebih mudah bagi anda untuk memetik kemenangan.

“Melawan Swansea kami memperoleh peluang matang yang tentunya bisa membunuh pertandingan itu, tetapi hingga menit-menit akhir kami harus puas dengan situasi satu gol saja.

“Terkadang menghadapi tim yang kelasnya berada satu tingkat tidak pernah mudah, dan hal tersebut kerap kali mewarnai perjalanan di musim ini, walau kami cukup bangga bisa mengimbangi Arsenal tanpa go, yang tentu sangat positif bagi semua pemain.

“Jika kami bisa mencetak gol lebih banyak lagi mungkin hal ini jauh lebih mudah bagi kami.”